TAHUKAH KAMU! Bahwa Kota Batu Asal-usulnya seperti ini

tempat wisata di kota batu malang jawa timur
Apakah Ini Termasuk Tempat Favoritmu?
25/08/2018
5 tempat hangout di Batu
Sudah Pernah Ke Tempat Ini? 5 Tempat Hangout Hits
01/09/2018

ASAL-USUL KOTA BATU

Pernah berkunjungi Kota Wisata Batu? Kota Batu merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan berbagai tempat wisata yang dapat kamu kunjungi. Selain itu udaranya yang sejuk juga menjadi alasan utama banyak pengunjung yang berwisata di Batu.
Kalau ngomongin tempat wisata yang ada di Kota Batu, mungkin banyak orang yang sudah tahu. Tapi tahukah kamu tentang fakta-fakta tentang Kota Batu? Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai Kota Batu.

kota batu malang


1. Bukan jadi bagian dari Kota Malang
Semua orang pasti mengetahui jika Batu adalah bagian dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ya memang tidak sepenuhnya salah. Dulu, Batu memang bagian dari Malang, namun sejak tahun 2001, Batu resmi memisahkan diri dan ditetapkan menjadi kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

2. De Kleine Switzerland van Java
Dulu, wilayah Batu dan sekitarnya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga petinggi Belanda. Batu yang memiliki pesona alam yang indah, membuat bangsa Belanda menjadi kagum. Hal ini membuat Batu mendapat julukan De Kleine Switzerland van Java, yang berarti Swiss Kecil di Pulau Jawa.
3. Asal-usul nama Batu
Nama “Batu” berasal dari nama salah seorang ulama pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin, namun masyarakat setempat sering memanggilnya Mbah Wastu. Akhirnya sebutan Mbah Wastu tersebut berubah menjadi Mbah Tu, yang jika diucapkan akan terdengar seperti Mbatu atau Batu.

4. Tempat wisata di Batu

Batu terletak di kaki dan lereng pegunungan. Batu juga dikelilingi 8 gunung, salah satunya adalah gunung Kawi, yang terkenal dengan suasana yang mirip dengan pedesaan di Tiongkok pada masa lalu. Selain itu, di Batu terdapat sebuah taman yang telah berdiri sejak tahun 1928, yang bernama Taman Selecta. Taman ini dikatakan sebagai “tempat pelarian” favorit Soekarno dan Hatta setelah Perang Kemerdekaan.
Yang menarik lainnya dari tempat wisata di Batu adalah alun-alun kota Batu yang memiliki Bianglala. Kemudian juga tempat wisata Candi Songgoriti yang memiliki 3 sumber mata air, ternyata air yang keluar dari mata air tersebut bermacam-macam lho, yaitu sumber mata air panas yang mengandung belerang, mata air dingin yang rasanya seperti air kelapa, dan mata air hangat yang dipercaya merupakan pertemuan aliran mata air ke-1 dan ke-2.
Berkat pariwisata di Batu yang di kelola dengan baik, kota wisata ini bisa meraih peringkat ke-4 untuk pertumbuhan ekonomi tercepat se-Indonesia. Data ini berdasarkan data Bapennas pada tahun 2011.

5. Sambal Apel
Beberapa dari kita pasti mengetahui bahwa Batu adalah kota penghasil apel. Dan dari sana pula banyak makanan olahan apel seperti keripik, cuka, sari apel, dan jenang. Namun ada olahan apel yang lebih unik, yaitu sambal apel. Kira-kira bagaimana ya rasanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.